Mengenal VPS dan Jenis-Jenisnya

Hai mari ngeblog santai lagi, gausah sepaneng! Ngeblog itu asik bro. Nah kali ini Blog Santai akan berbagi informasi mengenai sebuah teknologi yang pastinya dibutuhkan oleh pelaku bisnis di dunia digital.

Bagi sebagian besar orang memilih untuk bertransaksi atau berkomunikasi via daring (online) dibandingkan tatap muka. Wajar saja, karena perkembangan teknologi kedepan akan lebih memudahkan manusia untuk menjalankan aktivitasnya.

Kini Website, Jadi Salah Satu Alternatif Menjalankan Bisnis Ditengah Pandemi


Salah satu diantaranya adalah berbisnis, ya saat ini banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba ingin memiliki sebuah website untuk membantu memasarkan bisnisnya agar memiliki pasar yang lebih luas.

Nah untuk membuat sebuah website tentunya dibutuhkan sebuah tempat penyimpanan untuk menampung data konsumen dan data produk bisnis yang akan dijalankan. Salah satunya adalah hosting, namun seiring perkembangan zaman, hosting dirasa kurang cocok untuk digunakan dalam menjalankan sebuah website bisnis.

Untuk itulah dibutuhkan sebuah VPS untuk menjalankan website dengan skala yang besar dan luas.

Apa itu VPS?

Mengenal VPS dan Jenis-Jenisnya



Tahukah Kamu? Virtual Private Server atau yang lebih dikenal dengan VPS merupakan salah satu jenis layanan hosting (tempat penyimpanan data untuk website) dengan menggunakan teknologi virtualisasi server yang berdasarkan dengan server fisik. 

Perlu kamu ketahui, VPS atau Virtual Server Hosting menyediakan ruang pribadi bagi untuk menjalankan sebuah website dalam bentuk server virtual, alias tidak nyata.

Kelebihan VPS Dibandingkan Hosting Pada Umumnya


Meskipun dalam kenyataannya kamu harus berbagi server fisik dengan user lain, namun VPS membuat kamu seperti memiliki satu server fisik secara penuh. Hal tersebut dikarenakan VPS terinstal hingga pada level OS di setiap komputer. Pembagian ini hampir sama prinsipnya dengan partisi hard disk pada komputer kamu. 

Kelebihan yang jelas ditawarkan oleh VPS dibandingkan dengan hosting pada umumnya adalah bahwa setiap server virtual tidak akan mempengaruhi kinerja server virtual lain yang masih dalam satu server fisik. 

Sehingga VPS akan membagi porsi masing-masing, sesuai dengan pengaturan yang dijalankan. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi jika tiba-tiba website kamu nantinya menerima lonjakan traffic sekaligus. 

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh VPS dibandingkan dengan Hosting biasa adalah memberikan privasi terhadap filesystem website kamu sehingga server lain yang masih dalam satu server fisik tidak bisa melihat data-data penting kamu. 

Dan yang terakhir, kamu bisa menjalankan sistem operasi pribadi sesuai keinginan kamu, bahkan melakukan rebooted server secara individual juga tersedia. 

Kapan Harus Menggunakan VPS?


Lalu kapan kita harus membeli dan menggunakan VPS? Perlu kamu ketahui, saat ini penggunaan VPS  didominasi oleh para pemilik website dengan traffic tinggi.

Jadi kamu akan membutuhkan VPS ketika website kamu akan,
  • Memiliki pengunjung atau trafik kunjungan yang sangat besar
  • Ingin lebih privasi

Jenis-Jenis Virtual Private Server (VPS)


Tahukah kamu? Ada beberapa jenis VPS yang terkenal, diantaranya OpenVZ dan KVM. Lalu apa perbedaannya? Berikut penjelasannya. 

1. OpenVZ


Kelebihan VPS OpenVZ dibandingkan dengan VPS KVM adalah sebagai berikut:
  1. Harga lebih murah
  2. Lebih hemat penggunaan memori
Sementara kekuarangan dari OpenVZ adalah sebagai berikut:
  1. Bukan virtualisasi sejati, sehingga tidak bisa diinstal windows
  2. Data VPS bisa diakses oleh pihak providernya
  3. Tidak kompatible dengan SELinux                          

2. VPS KVM


VPS KVM (Kernel-based Virtual Machine) merupakan pilihan tepat jika kamu ingin lebih bebas dalam memfungsikan VPSnya. Jika VPS OpenVZ tidak sepenuhnya di virtualisasikan, lain halnya dengan VPS KVM yang teknologi virtualisasi penuh dan tidak akan dibagi dengan pengguna vps di provider tersebut. 

Adapun kelebihan dari VPS KVM adalah sebagai berikut:
  1. Kompatible dengan SELinux dan bisa diinstall windows
  2. VPS KVM tidak bisa diakses oleh providernya
  3. Kamu bisa me enkripsi seluruh isinya supaya lebih aman
Sedangkan kekurangan dari VPS KVM adalah sebagai berikut:
  1. Harga yang mahal

Lalu Dimana Beli VPS Baik dan Aman di Indonesia?

Seperti yang sudah saya sebutkan diawal artikel ini, bila provider VPS di Indonesia dengan sistem dan teknologi yang terbaru ada di Domainesia.com.

Kenapa Memilih VPS Di Domainesia?

Berikut beberapa alasan yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mencari VPS yang memiliki teknologi terkini, dan aman.

  1. Domainesia menggunakan teknologi terkini, dimana mereka menggunakan Intel Xeon E5 untuk memastikan performa komputasi tinggi dan kompatibilitas terhadap teknologi terkini.
  2. Semua instance di Domainesia telah menggunakan SSD untuk mendapatkan performa dan IOPS yang tinggi.
  3. Menggunakan Virtualisasi VKM, dimana VPS ini tersedia berbagai lisensi software CloudLinux maupun yang gratis seperti Softaculous
Dan tentunya kamu bisa mendapatkan VPS yang cepat dan mampu meningkatkan performa website kamu. Selain kamu bisa mendapatkan vps untuk kebutuhan website, di domainesia.com kamu juga bisa mendapatkan tutorial atau informasi yang bermanfaat seperti cara mengubah jpg ke pdf.

Dan itu gratis loh. Nah itulah informasi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ngeblog santai kali ini. Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah wawasan kamu mengenai VPS dan jenis-jenisnya.
Reaksi: