Find Information About Lifestyle, Travel, Business, and many more

Friday, March 1, 2019

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Supaya Tidak Mudah Sakit

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Supaya Tidak Mudah Sakit - Memasuki musim pancaroba, intensitas hujan di Indonesia semakin meningkat. Akibatnya penyakit-penyakit seperti pilek dan influenza rentan menyerang. Menjalani pola hidup bersih dan sehat merupakan salah satu cara efektif untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi akibat perubahan cuaca ini. Bagaimanakah caranya? Tim Lagizi akan membahasnya.

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Supaya Tidak Mudah Sakit

Untuk menjalani pola hidup sehat, penting untuk memperhatikan pola makan, istirahat, dan selalu menjaga kebersihan. Berikut beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh.


Istirahat Cukup

Cara terbaik untuk menjaga sistem imunitas tubuh adalah dengan istirahat yang optimal. Untuk itu, tidur cukup dan berkualitas sangat dibutuhkan. Orang yang kurang tidur dalam jangka panjang cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur mengganggu sirkulasi sel darah putih.
Seperti diketahui, sel darah putih merupakan salah satu komponen penting berkaitan dengan sistem imun. Sel darah putih memiliki fungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi, sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. Serta meningkatkan daya tahan tubuh pada manusia.

Tetap Berolahraga


Olahraga bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan saja, melainkan juga dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh.
Meskipun musim hujan, usahakan untuk tetap melakukan olahraga.Banyak olahraga dalam ruangan yang dapat dijadikan pilihan, seperti yoga, atau olahraga di pusat kebugaran terdekat.

Kurangi Asupan Gula

Tingginya asupan gula dari makanan dan minuman bisa memengaruhi sistem imunitas tubuh. Gula sederhana dan karbohidrat olahan seperti roti, pasta, biskuit, kue dikenal bisa ‘memberi makan’ bakteri yang tidak diinginkan dalam usus, sehingga pertumbuhannya menjadi lebih pesat dibandingkan pertumbuhan bakteri baik.
Oleh sebab itu, dianjurkan untuk melewatkan makanan olahan dan lebih memilih makanan alami seperti sayuran, daging, ikan, kacang-kacangan dan lemak sehat.

Perbanyak Konsumsi Cairan


Tubuh kita 70% terdiri atas air sehingga kekurangan cairan membuat tubuh akan mudah terserang penyakit. Dengan banyak mengonsumsi air akan membantu tubuh untuk membuang “racun” yang ada di dalam tubuh. Kekurangan air hingga dehidrasi juga dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, migran, dan stress.

Konsumsi Banyak Protein

Protein penting untuk tubuh karena protein merupakan zat pembangun dalam tubuh. Kekurangan protein akan membuat tubuh menjadi tidak stabil dan rentan terkena berbagai penyakit.

Kontrol Stress

Hujan yang turun jangan dianggap sebagai kesialan. Hal ini hanya membuat Anda mengalami stres yang justru dapat melemahkan sistem daya tahan tubuh. Stres juga dapat berdampak pada kekebalan tubuh. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa stres kronis dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit

Selalu Sediakan Buah dan Sayur di Rumah


Makanan yang paling baik dan menyehatkan tubuh adalah buah dan sayur segar. Selalu sediakan buah dan sayuran di rumah akan membantu meningkatkan konsumsi buah dan sayur setiap hari. Buah dan sayuran kaya akan antioksidan yang penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.
Nah itulah artikel Blog Santai kali ini mengenai Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Supaya Tidak Mudah Sakit. Semoga bisa membantu teman-teman di rumah, semoga bermanfaat.

Baca juga: Manfaat Stimuno Untuk Balita


EmoticonEmoticon